Latar Belakang

Renstra Kementrian Pendidikan Nasional dan Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2005-2025 menegaskan Visi pembangunan Nasional menuju Indonesia yang mandiri, maju dan makmur. Misi pembangunan nasional yaitu mewujudkan bangsa yang berdaya saing dan mewujudkan pembangunan merata dan berkeadilan.
Kedua misi tersebut dapat diimplementasikan dengan meningkatkan pembangunan daerah, mengurangi kesenjangan sosial, keberpihakan kepada masyarakat dan menanggulangi kemiskinan dan pengangguran secara signifikan.

Pendidikan berbasis kompetensi sangat diperlukan untuk dapat merespon kebutuhan dunia kerja menuju era globalisasi dan perdagangan bebas antar bangsa.
Kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) merupakan salah satu faktor signifikan keunggulan suatu bangsa di dunia internasional.
Perguruan Tinggi (PT) merupakan institusi penghasil SDM yang kompeten pada berbagai bidang ilmu. ALumni PT diharapkan dapat mengisi kebutuhan dunia kerja dengan standar mutu yang optimal sehingga dibutuhkan suatu wadah yang berfungsi mendekatkan antara PT dengan dunia kerja dimana PT mempersiapkan SDM melalui sebuah proses penting yang harus diciptakan dengan sebaik-baiknya sejak awala

Beberapa program yang menghasilkan lulusan untuk lebih kompetitif dalam mencari kerja dan dapat menghasilkan inovasi potensi yang pantas untuk ditindaklanjuti seperti pendidikan dan program kewirausahaan, program kreativitas mahasiswa (PKM), magang mahasiswa di UKM.
Berdasarkan uraian tersebut maka Politeknik Negeri Ujung Pandang pada bidang IV membentuk Unit Career Centre and Tracert Study (UCC&TS)memberikan layanan kepada lulusannya untuk menambah ketrampilan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja.
UCC&TS diharapkan dapat membantu para lulusan memperoleh lapangan kerja dengan ketrampilan tertentu sehingga tidak menambah beban permasalahan pengangguran di Indonesia.

Tujuan

Unit Career Centre and Tracer Study bertujuan melakukan pendidikan dan latihan karir, memberikan informasi lapangan kerja yang diperoleh lulusan dan memberikan informasi keberadaan lulusan seteah menyelesaikan pendidikan.
hal ini dapat membantu para calon lulusan dan lembaga terkait dalam memperoleh lapangan kerja baru.

Luaran program UCC&TS dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi dan lembaga terkait yang diperlukan untuk:

    1. Membantu program pemerintah dalam rangka memetakan kebutuhan dunia kerja dengan pendidikan di Indonesia.
    2. Menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja
    3. Mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam dunia tenaga kerja.

Kementras mendefinisikan Unit Career Centre and Tracer Study diperguruan tinggi yaitu lembaga profesional yang melakukan fungsi mempertemukan pencari kerja denga perusahaan.
Unit ini identik dengan bursa kerja yaitu lembaga yang menjembatani antara mahasiswa dan lulusan sebagai pencari kerja dan dunia kerja. UCC&TS mempunyai dua klien utama yaitu lulusan atau mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang maupun non PNUP dan perusahaan.
Pendirian UCC&TS PNUP didasarkan pada adanya saling kepentingan kedua belah pihak yaitu PNUP dan Industri. Pandangan kedua pihak, yaitu:

    1. Sudut pandang dunia pendidikan,

yaitu masih banyak alumni yang lulus namun kesulitan mendapatkan pekerjaan, banyak lowongan pekerjaan tetapi kemampuan (skill) SDM nya terbatas, minimnya pengetahuan dan pembekalan pengetahuan tentang kebutuhan dunia indusrti (kemampuan praktis)

    2. Sudut Pandang Dunia Industri,

yaitu membutuhkan lulusan dan calon alumni yang sudah siap kerja, membutuhkan lulusan yang memiliki pengetahuan skill industri yang baik, pengetahuan tentang perkembangan teknologi industri, harus melakukan pelatihan untuk pegawai baru dan tentunya memerlukan waktu yang relatif lama untuk mempersiapkan kemampuan kompetensi.

Kegiatan

UCC&TS memfokuskan kegiatannya pada hal-hal seputar ketenagakerjaan yang dibutuhkan mahasiswa, alumni dan masyarakat.
Kegiatan-kegiatan unit ini sesuai tabel berikut:

    1. Tracert Study

Study pelacakan alumni yang dilakukan antara 1-3 tahun setelah lulus bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan yaitu bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi di dunia kerja. hal penting berupa masa tunggu dan proses pencarian kerja pertama kali,situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja. Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap kemampuan atau penguasaan knowledge dan kompetensi. Proses pendidikan yaitu evauasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan terhadap output pendidikan. Input pendidikan yaitu penggalian atau kajian anjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan.

    2. Pelatihan/Training

Pendidikan singkat non-formal yang memberikan keahlian atau keterampilan tertentu yang diharapkan .
Pelatihan dapat berasal dari mahasiswa, alumni, dosen maupun perusahaan.
Jenis pelatihan berupa Soft skill yaitu Leadership, teknik negosiasi, manajemen diri, teknik presentasi, kerjasama team, teknologi, komunikasi non-verbal,dokumentasi ide dan informasi, penulisan dan pendokumentasian laporan dan lainnya. Keahlian teknis yaitu komputer, bahasa inggris, alat-alat komunikasi modern, multimedia dan lainnya. Surat lamaran kerja (CV), Teknik wawancara dan Peningkatan kepribadian seperti cara berbicara, berbusana dan etika tertentu.

    3. Penerbitan media UCC&TS

Virtual berisi informasi dan layanan UCC&TS yakni tips dan pedoman bagi pencari kerja, informasi spesifik dunia kerja menurut disiplin keilmuan, info perusahaan dan lowongan kerja.
Bentuk dapat berupa majalah atau media informasi di dunia kerja.

    4. Promosi

UCC&TS perlu mempromosikan setiap kegiatan yang dilaksanakan kepada dunia kerja dan industri pengguna lulusan PNUP, instansi pemerintah seperti Kementras dan BNP2TKI, perusahaan penyedia jasa tenaga kerja seperti jobstreet, job DB dan lain-lain.

    5. Bursa Kerja Online

Bursa kerja yang memanfaatkan teknologi informasi dalam mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja melalui situs web.

    6. Job Fair

Pertemuan antara pencari kerja dan dunia kerja serta sebagai sarana fisik tempat berkumpulnya pelaku dunia kerja untuk mempromosikan institusi, jenis usaha serta lowongan kerja yang tersedia di perusahaan.

    7. Rekrutmen kampus

kegiatan seleksi dan penerimaan tenaga kerja yang dilakukan oleh perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja di perguruaan tinggi bertujuan untuk mendapatkan lulusan dengan kompetensi tertentu di PNUP.

    8. Magang

Kegiatan mahasiswa atau calon lulusan untuk memperoleh pengalaman bekerja di institusi atau industri. kegiatan ini lebih tinggi dari praktek kerja dan tidak selalu berkaitan dengan background keilmuan mahasiswa. kegiatan magang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri atau kelompok sesuai kebutuhan tempat magang. Mahasiswa dapat menerima upah selama magang.

    9. Sosialisasi kegiatan CC&TS kepada mahasiswa

keberadaan UCC&TS di PNUP diharapkan memberikan dampak yang luar biasa bagi kesiapan mahasiswa dalam mempersiapkan diri mereka menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus. Informasi tidak hanya mengenai ketenagakerjaan umum namun berbagai hal yang menyangkut pengembangan diri yang dapat diakses angsung pengguna atau perusahaan.